Jumat, 27 Mei 2011

JABATAN ADALAH KEPERCAYAAN




“Karier puncak seorang pegawai negeri sipil di daerah/kabupaten yakni Sekretaris Daerah (Sekda). Jika saya dipercaya sebagai Sekda, mengapa tidak. Semua pasti mempunyai impian yang sama, mencapai puncak kariernya sebagai pegawai negeri”KALIMAT itu disampaikan Drs. Julius Lawotan, saat Flores File mendatanginya, di rumah dinas Staf Ahli Bupati Sikka, Jalan A. Yani, Kota Baru, Maumere, Kabupaten Sikka. Pria yang selalu tampil energik ini, terkesan sangat sederhana. Setiap kata dan kalimat yang keluar, selalu santun dan bersahaja. Sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), Ia matang dan kaya pengalaman. Pria berbadan tambun ini hampir sebagian kariernya dilakoni di Bidang Perindustrian dan Perdagangan.
Julius, begitu ia dipanggil oleh teman - teman dan koleganya, tergolong “manusia langkah”dalam profesinya. Selain sebagai pegawai negeri, Ia bergelut dalam dunia wirausaha yang mungkin jarang ditemukan bagi kebanyakan pegawai negeri. Di dunia wirausaha, Julius memulai usahanya sejak tahun 2007.
“Saya menyiapkan diri sepenuhnya dengan membuka usaha, agar kelak ketika pensiun sudah tidak kaget lagi. Saya punya warung makan, counter pulsa dan depot isi ulang air minum bersih. Pendapatannya, lumayan. Bagi saya yang penting halal dan bisa membuat orang lain lebih mengenal saya,” ujar pria, kelahiran Kupang, 27 Juli 1957 ini.
Julius, memulai karier sebagai PNS pada tahun 1985, di lingkup Pemerintahan Provinsi NTT. Tidak tanggung - tanggung, di Pemprov NTT, Julius dipercayakan memegang jabatan penting sebagai Kepala Seksi Pengembangan Ekspor Pada Bidang Perdagangan Luar Negeri Kantor Wilayah Departemen Perdagangan.
Sementara kariernya di pegawai negeri dimulai pada tahun 1985 di Kupang, di Departemen Perdagangan Provinsi. Pada tahun 1987, Julius dipercayakan menduduki jabatan sebagai Kepala Seksi Pengembangan Ekspor Pada Bidang Perdagangan Luar Negeri Kantor Wilayah Departemen Perdagangan NTT. Kemudian menjabat sebagai Kepala Kantor Departemen Perdagangan Kabupaten Belu dan pada tahun 1996, Kepala Kantor Departemen Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sikka.
Setelah lama meleburkan diri di bidang perindustrian dan perdagangan, pada tahun 2003, Bupati Sikka waktu itu, Drs. Alexander Longginus memberi tugas baru menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pertambangan dan Energi. Bukan Julius Lawotan, jika tidak menerima tantangan baru dari Bupati Sikka itu. Kemudian di masa kepemimpinan Bupati Sosimus Mitang, menjadi Staf Ahli Bidang Pembangunan hingga saat ini.
“Kalau karier sebagai PNS, saya hanya bisa katakan, bahwa Tuhan begitu baik pada saya. Ketika mendapatkan status 100 persen sebagai PNS, saya dilantik menjadi Kepala Seksi,” kata ayah dari enam anak ini.
Sebagai Staf Ahli, Julius bekerja sesuai dengan tupoksinya, yakni mengumpulkan berbagai data dan informasi, lalu membuat telaan, baik diminta maupun tidak diminta. Hasilnya disampaikan kepada Bupati. “Jadi, hanya itu saja pekerjaan saya,” katanya singkat.
Menjawab pertanyaan Flores File, terkait namanya disebut – sebut sebagai salah satu calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nagekeo, suami dari Lusia Kia, yang juga adalah seorang pegawai negeri ini, secara diplomatis mengatakan jabatan adalah kepercayaan. Jika dirinya dipercaya sebagai Sekda Kabupaten Nagekeo, mengapa tidak. “Jabatan tertinggi dalam jajaran birokrasi daerah adalah Sekda. Jadi sebagai pegawai negeri, semua pasti mempunyai impian mencapai puncak kariernya,” ujar pejabat, yang lima belas tahun mengabdi di Kabupaten Sikka ini. 
* BIODATA                     
Nama Lengkap                                    : Drs. Julius Lawotan
Tempat Tanggal /Lahir                      : Kupang, 27 Juli 1957
Pangkat Terakhir                                 : Pembina Utama Muda / IV C
Jabatan Terakhir                                  : Staf Ahli Bidang Pembangunan
Instansi Tempat Kerja                         : Setda Kabupaten Sikka

* RIWAYAT PENDIDIKAN
- Sekolah Dasar                                    : SDK Putra 1 Kupang Tahun 1971
- Sekolah Menengah Pertama           : SMP Seminari Lalian Belu Tahun 1973
- Sekolah Menengah Atas                 : SMAK Giovani Kupang Tahun 1976
- S I - Administrasi Negara                  : Undana Kupang, 1983
- Akademisi  (D-3)                               : ABA - Santa Saria Maumere, 2001

* RUANG LINGKUP PERJALANAN KARIER
- Kepala Seksi Pengembangan Ekspor Pada Bidang Perdagangan Luar Negeri Kantor Wilayah Dep. Perdagangan NTT, 1987
- Kepala Seksi Impor Pada Bidang Perdagangan Luar Negeri Kantor Wilayah Dep. Perdagangan NTT, 1988
- Kepala Kantor Dep. Perdagangan Kabupaten Belu, 1992
- Kepala Bidang Pengadaan dan Penyaluran Kantor Wilayah Dep. Perdagangan NTT, 1995
- Kepala Kantor Dep. Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sikka, 1996
- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sikka, 2001
- Asisten Tata Praja Setda Kabupaten Sikka, 2003
- Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pertambangan dan Energi Kabupaten Sikka, 2006
- Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemerintah Kabupaten Sikka, 2008-sekarang 

Oleh:  wentho eliando

Tidak ada komentar:

Posting Komentar